Kamis, 24 November 2011

Cinta Beda Agama




Sesuatu yang indah jika dimulai dengan perasaan yang indah, cinta adalah suatu hal yang tak dapat didefinisikan oleh sebuah kata - kata. Pada dasarnya tuhan menciptakan insan manusia untuk saling berpasang-pasangan, dengan tujuan sebagai wujud rasa penyaluran kasih sayang antar sesama makhluk hidup.

Perbedaan itu memang indah, beda suku, beda budaya, beda bangsa, beda negara, beda usia, beda keyakinan dan sebagainya yang membuat hidup kita semakin berwarna, tapi mengapa keyakinan yang berbeda itu sering kali membuat cinta kita berpisah???? dan mengapa tuhan menciptakan cinta tetapi seringkali terhalang oleh iman yang berbeda????

A. Cinta datang pada orang yang tepat
Cinta..cinta..cinta.. setiap makhluk bernyawa pasti pernah merasakan cinta, entah itu cinta pada Tuhan, cinta pada kedua orang tua, cinta pada kakak atau adik dan cinta pada sang kekasih hati.Cinta bisa muncul karna suatu bentuk perhatian, seseorang pasti senang sekali mendapat perhatian yang lebih dari lawan jenisnya yang kelak menimbulkan perasaan-perasaan cinta. Cinta itu tak pernah jatuh pada orang salah karna rasa cinta itu muncul tanpa diminta,dan tak pula sekejap bisa kita hilangkan.Setiap orang mempunyai hak untuk mencintai dan dicintai,tak ada yang bisa melarang seseorang untuk mencintai kecuali orang itu sendiri.

B. Cinta datang pada situasi yang tidak tepat
Jangan salahkan cinta bila iya jatuh pada waktu yang tak tepat, karna bukan waktu yang harus dipersalahkan tapi situasi yang tak memungkinkan yang membuatnya menjadi salah. Cinta itu akan menjadi indah jika dilingkupi oleh situasi dan kondisi yang dapat membuat pasangan kekasih itu merasa nyaman menjalin suatu hubungan, tidak saling menyinggung keadaan satu sama lain, saling membutuhkan, saling menghargai, saling mengerti dan tak ada perasaan yang saling mengganjal satu sama lain. Jika keadaan tersebut berbalik dari yang saya gambarkan yakinlah bahwa hubungan tersebut tak akan berlangsung lama karna tidak adanya kesinambungan antara perasaan dan situasi saat itu. Jadi jangan salahkan cinta bila iya datang dalam waktu yang tak tepat, karena bukan waktu yang tak tepat tapi situasi lah yang membuatnya menjadi tak sempurna.

C. Aku mencintai Tuhanku dan Kamu!
Tuhan itu maha pengasih dan maha pencipta memberi tanpa kita minta dan mencintai tanpa meminta balasan.Tuhan hanya ingin disembah dengan tulus dan tak kita mengingkari kehadirannya, Setiap agama pasti menganjurkan umatnya untuk mencari pasangan hidup yang memeluk agama yang sama, karna mencintai itu harus dilandasi oleh kecintaan kita pada sang pencipta, mencintai sesama manusia juga tidak boleh melampaui rasa cinta kita pada tuhan karna cinta yang abadi hanyalah cinta sang pencipta pada seluruh umat manusia tanpa terkecuali. Disekolah dulu dalam pelajaran Kewarganegaraan kita sering diajarkan mengenai toleransi antar sesama umat beragama, bahwa antara umat beragama satu dan yang lain haruslah memiliki rasa saling menghargai dan menghormati, agar tidak terjadi permusuhan antar umat beragama.Begitu pula dengan hubungan percintaan antar umat yang berbeda keyakinan, ada dampak positif dan negatif dalam hubungan tersebut antara lain adalah :

* POSITIF
Hubungan cinta dalam perbedaan keyakinan membuat kehidupan lebih berwarna, kita dapat mengenal ragam agama satu sama lain yang belum kita ketahui sebelumnya, tapi sebaiknya hanya mengenal bukan untuk dipelajari lebih dalam... lalu hubungan kita juga dapat saling melengkapi dengan adanya sikap toleransi antar pasangan, contohnya dalam hal beribadah kita dapat saling mensupport agar pasangan lebih taat untuk beribadah, menemaninya beribadah walaupun kita hanya berada diluar tempat peribadatannya, kita dapat melakukan hal tersebut semata-mata hanya sebagai bentuk sikap menghargai antar umat beragama.

* NEGATIF
Banyak yang berpendapat hubungan cinta beda agama adalah suatu hubungan semu dan sia-sia, hanya dapat tertanam dalam hati dan jarang sekali berlabu pada hubungan yang menuju ke suatu keseriusan. Sebabnya adalah setiap agama mengatur umatnya untuk menikah dengan yang berkeyakinan sama karena Tuhan itu satu dan hanya untuk di sembah dengan cara yang satu dalam setiap agama. Bahkan saya menemukan dalam suatu agama bahwa Tuhan melarang manusia yang berlawanan jenis untuk "Berpacaran" karna tidak ditemukan manfaat dalam hubungan pacaran.
Dinegara kita contohnya, tak ada lembaga yang bisa mengikat pasangan berbeda keyakinan untuk masuk dalam hubungan pernikahan. Karna menurut ideologi Pancasila yaitu sila ke-1 yang berbunyi " Ketuhanan yang maha esa " dalam penjelasannya Tuhan itu satu dan untuk disembah secara nyata.
Tak jarang keluarga kedua belah pihak tak merestui hubungan tersebut dan menimbulkan percekcokan antara hubungan kita dan keluarga karna satu sama lain terus memperdebatkan dan mempertahankan keyakinan masing-masing yang semakin lama membuat hubungan yang kurang baik antara kita dan keluarga.

Mungkin ulasan tersebut hanya seringkas prakata dari suatu penjelasan mengenai " Cinta dalam perbedaan keyakinan " karna Tuhan hanya ingin disembah dengan cara yang satu dan dengan makhluknya yang sama "

.. ALLAH
.. GOD
.. JESUS
.. DIEU
.. พระเจ้า
.. DIO
.. DEUS

and still many more....
:)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar